Search This Blog

Sunday, July 23, 2017

INILAH 5 PENYEBAB KENAPA BULLYING TERJADI


Kenyamanan kamu dan teman-teman terganggu karena salah satu temanmu ada yang suka nge-bully? Hemm, rasanya nggak nyaman banget kan? Sebenarnya ada banyak hal yang mendasari seseorang melakukan tindakan bullying. Kali ini Loop akan ngasih tahu kamu tentang beberapa alasan kenapa seseorang melakukan hal tercela tersebut. Mau tahu apa? Langsung aja simak yang satu ini ya, Loopers!

Ingin berkuasa

Biasanya, anak yang ngebully itu ingin dirinya dianggap dan dikenal berkuasa di sekitar daerah tersebut. Gaya kepemimpinan yang mengedepankan rasa takut dari setiap pengikutnya adalah penyebab utama kenapa dia membully orang lain yang lemah. Nggak jarang, setiap anak yang menurutnya lemah di kelas atau bahkan di sekolah sering dia siksa. Sifatnya yang nggak mau kalah juga membuat keinginan pembully untuk berkuasa bertambah besar.

Kurang perhatian dari orang sekitar

Sekali lagi, karena ingin merasa dianggap, teman kamu selalu membully anak lain. Dengan begitu, dia seakan mendapat perhatian dari orang-orang sekitar. Belum lagi kalo kamu ikutan ketawa ketika dia ngebully anak yang lemah. Hal tersebut akan membuatnya merasa bangga dan tambah puas karena ada yang mendukung dia.

Pernah jadi korban kekerasan

Terkadang juga, seorang pembully melakukan hal tersebut karena ingin membalas dendam atas perbuatan seseorang terhadap dia. Karena dia nggak bisa membalasnya langsung ke orang tersebut, akibatnya dia mencari pelampiasan lain. Alhasil, dia akan melampiaskannya ke anak-anak yang lebih lemah daripada dia. Nggak jarang kalo anak tersebut bakal jadi bulan-bulanan si pembully ini.

Sering berkelahi

Mungkin saja anak pembully itu sering atau bahkan suka berkelahi. Hal tersebut kembali lagi hanyalah untuk membuktikan kekuatannya dia. Dia nggak mau dianggap lemah sama orang lain. Perkelahian ini nggak cuma antar fisik, tapi juga dalam bentuk verbal.

Meniru tindakan kekerasan dari film atau game

Selain hal-hal di atas, film dan game yang mengandung kekerasan juga kerap kali menyebabkan seseorang melakukan pembullyan. Karena melihat adegan-adegan yang lucu dan menyenangkan menurut mereka, akhirnya mereka ingin mencobanya ke orang lain. Padahal, belum tentu orang yang menjadi korban bakal terima perlakuan itu dengan senang hati. Bisa aja mereka nggak suka dengan hal tersebut.

Nah, itu tadi beberapa penyebab yang paling umum kenapa seseorang melakukan bullying terhadap orang lain. Dengan mengetahui kenapa bullying bisa terjadi, kamu bisa menghindari hal tersebut sehingga nggak akan ada korban bully lainnya. Berteman yang sehat-sehat aja deh, Loopers!
Share:

0 comments:

Post a Comment