Search This Blog

Sunday, July 23, 2017

KENALI 4 JENIS BULLYING INI DAN JANGAN SAMPAI KAMU JADI KORBANNYA!

Bullying memang menjadi suatu perbuatan tercela yang sering dilakukan oleh para remaja akhir-akhir ini. Selain merugikan sang korban, bullying juga memberikan pengaruh buruk oleh para pelakunya. Sebenarnya ada banyak jenis bullying yang sering dilakukan di kalangan remaja. Kali ini Loop mencoba membeberkan jenis-jenis bullying beserta contohnya. Penasaran? Simak yang satu ini ya, 

Bullying secara verbal (kata-kata)

Bullying yang pertama adalah bullying verbal, dimana pelaku melakukan intimidasi melalui kata-kata mereka kepada seorang korban bully. Intimidasi ini bisa berupa julukan yang buruk, celaan, penghinaan, fitnah, terror, gossip, dan pernyataan-pernyataan yang nggak benar. Bullying secara verbal memang paling mudah dilakukan oleh pelaku bullying. Jenis bullying ini bahkan menjadi langkah pertama menuju bullying tingkat lanjut.

Bullying secara fisik

Selanjutnya adalah tindakan bullying yang melibatkan kontak fisik antar pelaku dan korban baik langsung maupun nggak langsung. Bullying tipe ini biasanya termasuk memukul, menendang, menampar, mencekik, menggigit, meludahi, bahkan menghancurkan barang-barang milik korban. Bullying dengan tipe ini memang mudah untuk diidentifikasi. Namun, bullying secara fisik merupakan bullying yang paling jarang dilakukan. Seseorang yang sering melakukan bullying secara fisik biasanya merupakan remaja yang sangat bermasalah. Ada kemungkinan besar kalo pelaku bullying tipe ini akan cenderung melakukan tindakan kriminal di kemudian hari.

Bullying secara relasional (hubungan pertemanan)

                
Bullying yang satu ini biasanya melibatkan banyak pelaku. Pasalnya, bullying tipe ini cenderung melakukan pelemahan harga diri korban bully dengan cara pengabaian, pengucilan, atau penghindaran. Sikap-sikap kecil seperti pandangan sinis, lirikan mata, tawa yang mengejek, hingga bahasa tubuh yang merendahkan korbannya adalah berbagai jenis perlakuan bullying tipe ini. Bullying ini paling sulit dideteksi dari luar. Korban bullying ini biasanya akan merasakan depresi yang luar biasa sehingga merasa nggak nyaman berada di lingkungan sekitar.

Bullying secara elektronik

Bullying ini merupakan bullying yang paling sering dilakukan akhir-akhir ini. Kemajuan teknologi menjadi faktor berkembangnya bullying tipe ini. Bentuk bullying ini biasanya meliputi kata-kata kasar atau bahkan gambar yang nggak senonoh dimana pelaku mengirimkan gambar-gambar tersebut melalui media elektronik seperti SMS, chatting, atau media sosial populer lainnya.

Itu tadi beberapa jenis bullying yang sering dilakukan di kalangan masyarakat. Dengan mengenali jenis-jenis bullying di atas, maka kamu bisa lebih berhati-hati dalam menghadapi bullying yang diarahkan kepadamu, 
Share:

0 comments:

Post a Comment